Minggu, 14 April 2024
IMG-20231212-WA0052

Upaya Proaktif Cegah Banjir dan Wabah Penyakit, Koramil 0510/Binong Gelar Karya Bakti TNI Bersihkan Irigasi

23des

Subang,- eSKonCer.com- Dalam upaya proaktif mencegah banjir, Koramil 0510/Binong jajaran Kodim 0605/Subang terus melaksanakan program pembersihan selokan secara rutin. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap ancaman banjir yang seringkali terjadi akibat tumpukan sampah dan penyumbatan aliran air di Kp. Mulyasari Desa Bojonegara Kec. Tambakdahan Kab. Subang. Selasa, 12/12/2023.

Kegiatan pembersihan sungai tersebut dihadiri Oleh Anggota Koramil 0510/Binong, Kepala Desa Bojonegara, Ketua BPD Desa Bojonegara, Aparat Perangkat Desa Bojonegara, dan Warga masyarakat Desa Bojonegara.

Di tempat terpisah Danramil 0510/Binong kapten Inf R. Herry Arpiantono mengatakan Pembersihan sepanjang sungai di desa Bojonegara dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit pada musim penghujan.

“Kegiatan ini dilakukan bertujuan dalam rangka mewujudkan lingkungan bersih dan sehat serta untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadinya banjir serta wabah penyakit. Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dengan warga Binaan” Terang Danramil 0510/Binong.

Menurutnya, Karya Bakti pembersihan bantaran irigasi ini, untuk membersihkan sampah dan rumput liar yang mengganggu aliran. Ini dilakukan agar aliran kali irigasi dapat mengalir dengan lancar dan bersih.

“Mengingat sungai yang sebagian sudah dangkal dan ditumbuhi rumput. Kita bersama warga membersihkan sungai, sehingga sungai kembali terlihat bersih dan selokan juga kembali terpelihara“ Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bojonegara Pak Suraden yang ditemui di lokasi karya bakti mengapresiasi apa yang dilakukan oleh jajaran TNI dari Koramil 0510/Binong. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menerus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan. 

“Kami perlu kali irigasi ini selalu bersih. nah dengan Karya Bakti yang dilaksanakan TNI dari koramil Binong, Alhamdulillah kali irigasi sudah bersih dan terlihat rapi serta aliran airnya pun lancar,” tandasnya.

( Benny )

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Upaya Proaktif Cegah Banjir dan Wabah Penyakit, Koramil 0510/Binong Gelar Karya Bakti TNI Bersihkan Irigasi
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit