Senin, 27 Mei 2024
Jum_20_10_2023_20_27_35

Uniski Adakan Seminar,Persiapan Menyambut Pemilu 2024 Dalam Politik Kebhinekaan

23des

OKI-eskoncer.com- Dalam rangka menyambut pesta Demokrasi secara nasional  Universitas Islam Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan mengadakan seminar sehari yang Motori oleh BEM Fakultas Hukum Universitas Islam OKI sebagai pelaksana  Muhrom,s,sos Ketuo DPD PGK OKI yang di ketuai oleh Acan Pratama, Echa Martha Putra ketua BEM Uniski dan dipandu oleh Finkan Yulisty selaku moderator.

Seminar tersebut langsung dibuka oleh Rektor Uniski  Prof. Dr. Ir. H.  Muhammad Faizal   D.E.A.
Tujuan dilaksanakan seminar ini untuk ”  Persiapan menyambut pemilu 2024 dalam politik kebhinekaan” sekaligus sebagai tema seminar ini. Acara ini  dilaksanakan pada Jum’at (20/10/2023) yang bertempat di Aula Universitas Islam OKI.

Seminar ini di hadiri oleh para mahasiswa dari berbagai Fakultas, anggota  BEM Uniski  dan juga dari organisasi Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Kabupaten OKI.
Hadir dalam kesempatan ini juga sekaligus sebagai Nara sumber yang pertama.

Iptu Dwi Rudin Kasat Intelkam Polres OKI ,menyampaikan pihaknya ingin “memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam memberikan hak suaranya ,tidak ada intimidasi terhadap para pemilih, disamping itu juga ada peran Intel dalam pemetaan situasi dan kondisi di lapangan”.

Mahasiswa mempunyai peranan penting dalam pemilu karena saya berpesan kepada adik – adik jangan mudah terpengaruh dan harus bijak menggunakan medsos, saya yakin mahasiswa adalah pemilih yang cerdas dan hati – hati dalam politik identitas.

Kami berharap mahasiswa dpat membantu kami dan juga pihak penyelenggara pemilu sehingga pemilu di Kabupaten OKI dapat terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan
Pemateri kedua Bapak Haris Padilah,S.H.I, M.H dari komisioner KPU OKI .menyampaikan mengenai mekanisme pemilu mulai dari  pencalonan hingga pemetaan dan jumlah caleg untuk Kabupaten OKI sebanyak   543 calon DPR OKI yang merebutkan  45 kursi anggota dengan  dapil 8.
Narasumber selanjutnya Achik Muharam ,S.sos  Ketua DPD PGK OKI memberikan materi seputar demokrasi menuju pemilu 2024

Mengingat pemilu sudah semakin dekat maka anda sebagai mahasiswa harus pandai menyikapi bahwa Demokrasi adalah hak kita semua untuk memberikan suara dalam pemilu 2024 ini artinya para mahasiswa bebas untuk menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani masing – masing dan saya yakin anda adalah seorang pemilih yang cerdas artinya anda tidak akan salah untuk memilih atau memberikan suara anda kepada orang yang tepat yang dapat  menyalurkan aspirasi rakyat.

Kita bebas memilih dan jangan mau untuk di intimidasi atau di arahkan kepada seseorang yang mungkin kita tidak sependapat dengan orang tersebut. Jadi saya berharap melalui seminar ini anda tidak akan buta dan mengerti tentang demokrasi.

Selain itu juga ada narasumber dari Bawaslu Ra Muhammad OKI Mabruri, SH.MH dan Wakil Rektor Uniski Dr. H. Azizah,SH.M.Hum .
Seminar ini berjspan sukses dan diakhiri dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber. (M.TAHAN)

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uniski Adakan Seminar,Persiapan Menyambut Pemilu 2024 Dalam Politik Kebhinekaan
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit