Selasa, 16 Juli 2024
IMG-20231225-WA0052

Sinergitas TNI Bersama Pemerintah Daerah Salurkan Bantuan Pada Gapoktan dan Pelaku UMKM

23des

Kutai Kartanegara – eSKonCer.com – Bupati Kukar Drs. Edy Damansyah yang di dampingi oleh Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Inf. Jeffry Satria lakukan penyerahan bantuan alat pertanian dan alat produksi UMKM kepada warga masyarakat desa Sido Mukti, Desa Muara Kaman dan Desa Sabintulung bertempat di halaman Desa Panca Jaya jalan Awang long Kecamatan Muara Kaman pada Minggu sore (24/12/2023).

Dalam sambutan Bupati Kukar mengatakan penyerahan ini untuk menunjang pelaku UMKM dan saya ucapkan terima kasih kepada kelompok tani panca jaya yang merupakan desa andalan di kabupaten Kukar dimana panca jaya sudah masuk dalam kawasan pertanian terpadu.

Saya berharap dengan adanya kawasan ini bisa menjadi percontohan bagi desa lainnya dimana progam kawasan pertanian terpadu yang akan di selesaikan pada tahun 2024, di mana di kawasan pertanian terpadu tersebut ada sawah, holtikultura, perternakan, perikanan dan perkebunan.

Harapannya ada perubahan akan pola pikir dan bekerjanya jangan sampai ada kepentingan pribadi sehingga apa yang di harapkan tidak dapat terwujud, mari kita lakukan budaya kerja dimana mengutamakan kelompok dan bergotong royong sehingga apa yang di inginkan bisa tercapai para petani bisa sejahtera tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0906/Kkr menyampaikan kepada warga masyarakat bahwa untuk pompa air yang sudah ada bisa di gunakan untuk mengaliri sawah yang ada di desa panca jaya dan desa desa sekitarnya, untuk saluran irigasi sudah dibuat dengan harapan sawah yang ada bisa memperoleh air secara merata sehingga padi yang di tanam bisa subur dan tidak kekeringan harapannya petani bisa bercocok tanam walaupun pada musim kemarau nantinya imbuhnya

Adapun bantuan yang di berikan kepada warga masyarakat yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa peralatan pengolahan ikan diantaranya berupa friser, kompor lapangan, blender, Chopper, oven besar, wajan dan spinner sedangkan bantuan pada Gapoktan panca jaya berupa excavator mini.

Kami senang sekali dengan adanya bantuan alat produksi ini sehingga kami selaku pelaku UMKM sangat terbantu sehingga harapannya kedepannya bisa meningkatkan hasil produksi ucap Yanti salah satu penerima bantuan.

( Murdianto )

Sumber : Dim 0906/Kkr

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sinergitas TNI Bersama Pemerintah Daerah Salurkan Bantuan Pada Gapoktan dan Pelaku UMKM
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit