Kamis, 13 Juni 2024
IMG-20240529-WA0024

Satgas TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Karya Bhakti Penghijauan dan Pembersihan pasar

23des

Sukoharjo, eskoncer.com, (29/04/24) Dansatgas TMMD Reguler ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E., bersama anggota Satgas TMMD bersinergi dengan Polres Sukoharjo melaksanakan Karya Bhakti penghijauan pohon di lokasi TMMD Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo di desa Wirun dan Pembersihan Pasar Tradisional Plumbon, Kec. Mojolaban, Kab. Sukoharjo, Rabu (29/05/24).

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0726/Sukoharjo Kapten Inf Kurniawan selaku Palaks TMMD Jayadi mengatakan penanaman penghijauan pohon merupakan rangkaian kegiatan TMMD yang dilakukan dengan tujuan untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan gerakan Indonesia menanam pohon, dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

“Hari ini, kita Satgas TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo hari ini bersinergi dengan Polres Sukoharjo dan Pemerintah desa melaksanakan 3 kegiatan diantaranya melaksanakan Penghijauan di bantaran anak sungai bengawan Solo, Pembersihan Pasar Plumbon serta normalisasi sungai”, terang Dansatgas.

“Dalam Kegiatan penghijauan ini kita melakukan penanaman pohon keras berjenis buah-buahan yang bernilai ekonomis bagi masyarakat, adapun bibit pohon terdiri atas bibit alpukat, jeruk, mangga, kelengkeng, belimbing dan rambutan”, Imbuh Letkol Czi Slamet Riyadi.

Dandim berharap peran serta seluruh lapisan masyarakat di desa Wirun untuk mengawasi, menjaga, merawat dan menjamin keberlangsungan hidup tanamannya agar dapat tumbuh berkembang dengan baik, sehingga kelak dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga.

“Kelak kita akan mendapatkan banyak manfaat dari aksi tanam pohon buah kita pada hari ini, Insha Allah, banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat lingkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri, selain itu buahnya juga sangat berguna dari sisi ekonomis bagi masyarakat,” kata Dandim 0726/Sukoharjo.

“Kami dari Polres Sukoharjo sangat mendukung 3 kegiatan pada hari ini, kita kerahkan 50 personel untuk mendukung karya bhakti, selain itu kita juga libatkan personel Polres juga tengah tergabung dalam Satgas TMMD, pada intinya kami TNI-Polri terus bersinergi untuk kelangsungan pembangunan di Sukoharjo ini”, imbuh Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, S.I.K., M.H.

Sementara itu di tempat berbeda anggota Kodim 0726/Sukoharjo dan Polres Sukoharjo juga melaksanakan Karya Bhakti Pembersihan Pasar Tradisional Plumbon, Kecamatan Mojolaban.

Pelaksanaan Karya Bakti Pembersihan Pasar Plumbon ini dilaksanakan oleh semua unsur TNI-Polri dan masyarakat yang hadir dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan. Kegiatan ini antara lain melaksanakan pembersihan rumput-rumput liar yang tumbuh, juga sampah-sampah yang ada di jalan maupun di selokan dan sela-sela lapak jualan para pedagang.

Kebersihan sebuah pasar tentunya tergantung dari budaya penggunanya, diharapkan dari kegiatan bersih pasar ini dapat membangkitkan kesadaran para pedagang maupun pembeli agar semakin sadar untuk menjaga kebersihan pasar dengan tidak membuang sampah ataupun limbah ke badan jalan, sungai maupun di dalam lokasi pasar yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pembeli dan para pedagang.

 

(Agus Kemplu)

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satgas TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Karya Bhakti Penghijauan dan Pembersihan pasar
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit