Selasa, 18 Juni 2024
IMG-20240122-WA0015

Panwascam Cikalongkulon, Melaksanakan Pelantikan Dan Tugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara

23des

Cianjur-eskoncer.com- Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan selanjutnya disingkat Panwaslu Kecamatan adalah panitia yang dibentuk Panwaslu kabupaten/Kota yang bertugas untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan atau nama lain.

Kewenangan Pengawas TPS, meliputi: Menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan, Pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan, Administrasi pemungutan dan penghitungan suara; Menerima salinan berita acara dan sertifrkat pemungutan dan penghitungan suara.

Acara tersebut di hadiri Ketua Panwascam Cikalong Kulon Deni Limar Fauzi,S.Hi., Eko Prasetio, S.Pdi., divisi pencegahan pelanggaran, partisipasi masyarakat dan Humas, Biqi Sabiqunnahar,ST., divisi P3S, Camat di wakili Adin Solehudin,Herman Suherman,Kepala sekertariat panwas kecamatan Cikalongkulon Kadar Setiawan,Danramil diwakili Serda Satri Bangun Samudra,Kapolsek diwakili Aiptu Fery Ali Nurahman, dan di hadiri oleh para angota panwas Cikalongkulon, pada Senin 22/01/2024 di Aula Desa Lembahsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ketua Panwas Kecamatan Cikalongkulon Deni Limar Fauzi S.Hi., saat menghadiri pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Cikalongkulon mengucapkan selamat kepada Pengawas TPS terlantik.

Dia menegaskan Pengawas TPS merupakan ujung tombak pengawasan.

“Kami sampaikan selamat atas dilantiknya teman-teman semua. Kita ketahui bahwa Pengawas TPS merupakan garda terdepan pengawas. Apresiasi kami ucapkan kepada seluruh pendaftar akhirnya terpilih sebagai Pengawas TPS,” tutur Deni.

Saat di konfirmasi ketua panwas kecamatan cikalongkulon ia menjelaskan.

“Pelantikan ini untuk PTPS (TPS) dilantiknya 287 Orang yang dibutuhkan menjadi 19 orang yang belum terisi gimana nanti ada waktunya dan ada skemanya. Bagaimana untuk secepatnya mencari pengawas TPS di TPS yang malam nanti ada sebanyak 19 Orang untuk percepatan kekosongan 19 Orang tersebut”.imbuhnya

Eko prrasetio S.Pdi., Divisi pencegahan pelanggran partisipasi masyarat dan Humas menjelaskan agar Pengawas TPS menyampaikan laporan jika menemukan dugaan pelanggaran pemilu.

“Saat ini yang terdekat pemetaan lokasi TPS, hari ini KPPS akan membentuk TPS, kita ketahui bersama TPS harus ramah disabilitas. Selanjutnya, fokus pengawasan teman-teman nanti di pemungutan suara. Laporkan kepada Panwaslu Kecamatan atau Bawaslu jika teman-teman menemukan dugaan pelanggaran,” ucapnya

Setelah dilantik Pengawas TPS langsung dibekali beberapa materi untuk persiapan pengawasan oleh Panwaslu Kecamatan setempat. Salah satu di antaranya mengenai penggunaan aplikasi SIWASLU.

“Sebagai informasi aplikasi SIWASLU nantinya akan digunakan pengawas untuk rekap cepat pada saat pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024”.pungkasnya

Ben/Zun

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Panwascam Cikalongkulon, Melaksanakan Pelantikan Dan Tugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit