Sabtu, 13 April 2024
Jum_27_10_2023_16_02_10

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) TA.2024 Desa Sabandar

23des

Cianjur,eskoncer.com – Pemeritah Desa Sabandar melaksanakan MusrenbangDes Dalam Rangka Pembahasan Rancangan RKPDes Tahun 2024, yang bertempat di Aula Desa Sabandar,Kecamatan Karangtengah,Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Pada Jumat (27/10/2023)

Hadir dalam Musrenbang, Muspika Kecamatan Karangtengah, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sabandar, Kasi Pelayanan umum, Staf Pemerintahan, Kepala Desa dan Perangkat Desa Sabandar, Ketua BPD, Ketua LPM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Pendamping Desa, dalam penyelenggaraan tersebut dibuka oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Karangtengah Solehudin,S.IP selanjutnya diserahkan kepada Kepala Desa Sabandar yaitu Dedi Saepudin SH

Musrenbang Desa merupakan singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa. Musrenbang Desa diatur dalam Permendes, PDTT No.21 Tahun 2020. Di samping itu, ketentuan mengenai Musrenbang Desa juga disebutkan dalam Permendagri No.114 Tahun 2014.

Pada permendes, istilah Musrenbang Desa baru digunakan secara gamblang. Sementara pada permendagri disebutkan secara lengkap, yakni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa.

Dalam sambutan nya Kades Sabandar Dedi Saepudin,SH. mengatakan “musrenbangDes ini adalah tujuannya adalah untuk menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa Sabandar, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan di Desa Sabandar”.

“Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta Musyawarah Perencanaan Desa (MusrenbangDes) menyepakati beberapa hal yang berketetapan yang akan menjadi kesepakatan akhir dari Musrenbang Desa Dalam Rangka Pembahasan Rancangan RKPDes Tahun 2024 untuk Desa Sabandar. Pungkasnya 

Dalam sambutannya, Kasipem Kecamatan Karangtengah Solehudin mengatakan “untuk Desa Sabandar hendaknya bersama-sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik dengan Kecamatan, agar Pembangunan lebih terarah. Semoga Kedepannya semua Desa Sabandar bisa menjadi lebih baik dalam sisi Pembangunan”.

“Dalam Pelaksanaan Musrenbang Desa (MusrenbangDes), Dalam Rangka Pembahasan Rancangan Tahun 2024 Desa Sabandar khususnya, alhamdulillah berjalan dengan lancar dan terjadi interaksi komunikasi, sharing, diskusi dengan audien yang hadir dalam Musyawarah tersebut. Semoga kedepannya Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur semakin mandiri dan berkembang”.imbuhnya

Ahamda S.Pd Pendamping desa Sabandar menjelasknan “pada daftar usulan rkpdes yang disingkat dengan dokumen yang akan ditetapkan menjadi APBD Kalau hari ini disepakati Maka besok lusa sampai tahun itu bisa disusun menjadi apbdes Desa Sabandar untuk tahun 2024”.

“Kalau ada kegiatan yang sifatnya bukan kewenangan desa Kabupaten,maka itu maksudnya kepada nanti yang akan dimasukkan oleh pihak

untuk masuk di musrenbang kecamatan, jadi itu ya kiranya tidak bisa dianggarkan atau bukan kewenangan Desa, maka itu khususnya kepada daftar untuk mengawal Siapa yang lolos di kecamatan”.

yang akan dihasilkan oleh hari ini perlu diketahui semua di dalam pengelolaan keuangan Desa Ini pertama dan yang kedua yang ketiga yang keempat ada pelaporan yang kelima adalah pertanggungjawaban pengelolaan hari ini jadi bapak ibu semua segala kegiatan yang akan dilaksanakan itu harus masuk ke perencanaan hari-hari ini yang disebut semua kegiatan yang harus sudah masuk ke pada perencanaan rpjmd rkpd ini merupakan penjabaran 

yang telah dibuat sebelumnya yang itu yang untuk 6 tahun maka dijabarkan hari ini bapak ibu semua perlu keseriusan hari ini dalam menentukan, karena sesungguhnya itu dan itu tidak bisa dirubah semaunya ada yang ada yang bisa merubahnya contohnya kalau ada regulasi baru.

Kode pos meja makan itu bisa dirubah atau bisa juga banyak bulan Oktober dan semacamnya jadi bapak ibu semua kau ada yang mengusulkan hari ini disepakati bersama kegiatan 2024.

arah kegiatan yang akan dilaksanakan di 2004 di perikanan hari ini jadi harus masuk dulu hari ini, nanti disepakati bersama disepakati bersama nanti akan disusun menjadi maka bisa dilaksanakan kegiatan kegiatan Desa.

Menambahkan bahwa kegiatan terutama dan yang kegiatannya antara nya pun cukup besar juga tidak terfokus kepada infrastruktur saja ini. Apa yang apa yang disebut Bahwa perlu ada kegiatan kegiatan pembangunan yang lainnya membangun, besok bisa terasa ada yang sering dilupakan Adalah pembangunan manusianya pembangunan manusia ini dibangun sekarang esok rusak tidak terasa tapi puluhan tahun berasa nya.

jadi mulai kandungan sampai 1000 hari itu berapa tahun, manusia di desa saban hari ini akan berkualitas karena menurutnya bahwa yang ketinggalan itu salah satunya, kekurangan itu bukan apa yang bisa diintervensi oleh banyak yang tinggal apa yang belum mengintervensi nya belum mudah-mudahan Nanti bisa menjadi.

menjadi kegiatan yang dilaksanakan di tahun 2024 itu jadi apa Jadi tidak hanya fokus kepada anak itu ada tiga kesehatan yang pertama itu tentang BPJS 

bisa digunakan untuk seperti itu dan BPJS selain yang lainnya tulis yang ekstrem biasanya menggunakan BLT Dana Desa. kemudian bisa juga dengan ketahanan pangan untuk tahun 2024, supaya kegiatan setelah ini pembahasan kesepakatan rkpd bisa berlangsung Hikmat, tidak bisa banyak yang saya sampaikan mudah-mudahan kegiatan ini menghasilkan keputusan yang terbaik untuk desa Sabandar ini.

“Yang baik pelaksanaan 3 yang bisa dirasakan oleh masyarakat desa bisa menghasilkan, Desa masyarakat yang sejahtera masyarakat yang sehat pula.tandasnya

Ben/Zun

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) TA.2024 Desa Sabandar
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit