Selasa, 16 Juli 2024
Rab_25_10_2023_13_11_15

Menginisiasi Program ‘Ruang Literasi’, Pemuda Pedesaan Mengajak Keterlibatan Semua Pihak

23des

Subang, eSKonCer.com–  Rabu, 25 Oktober 2023

Seorang pemuda pedesaan, bernama Moch Gilang Gustian atau yang akrab dijuluki “Pemuda Serabutan”, telah menginisiasi sebuah inisiatif yang berpotensi mengubah kehidupan anak-anak desa. Bersama rekan-rekan dari Aliansi Pemuda Karya, Gilang baru saja meluncurkan program yang diberi nama “Ruang Literasi.”

Tujuan utama dari program “Ruang Literasi” ini adalah untuk meningkatkan minat membaca anak-anak di pedesaan. Selain itu, Gilang menjelaskan, “Program ini bertujuan memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengembangkan minat membaca, meningkatkan pengetahuan, memperluas wawasan, serta mengembangkan keterampilan, sambil juga memberdayakan masyarakat lewat kepedulian sosial.”

Inisiatif ini bermula ketika Gilang merasa resah karena tidak ada fasilitas yang memadai untuk menyusun koleksi bukunya. Ia juga merasa prihatin saat melihat buku-bukunya berakhir di tangan pengepul barang bekas. Selain itu, ia merasa gelisah melihat anak-anak di sekitarnya minim melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Inilah awal mula “Ruang Literasi,” yang menyediakan berbagai jenis bahan bacaan mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Gilang juga menambahkan, “Rencananya akan menjalankan “Ruang Literasi” secara mobile, mengunjungi berbagai kampung dan desa dengan dukungan dan kolaborasi bersama para pemangku kepentingan.” Ia juga berencana untuk melengkapi ruang literasi ini dengan literasi digital, termasuk pembelajaran penggunaan perangkat komputer, media sosial, membaca dan diskusi secara daring, serta lain sebagainya.

Inisiatif “Ruang Literasi” ini mendapat respon positif dari warga masyarakat desa. Warga desa merasa bersyukur karena anak-anak mereka sekarang memiliki fasilitas untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan tambahan secara tanpa berbayar. Tentunya, semangat anak-anak di desa ini sangat terlihat.

Inisiatif ini menggambarkan bagaimana seorang pemuda serabutan berasal dari pedesaan bersama komunitasnya dapat memberikan dampak positif yang berpotensi mengubah masa depan anak-anak di desa melalui literasi.

Meskipun dimulai dengan sumber dana pribadi, Gilang meyakini bahwa inisiatif yang baik ini akan mendapatkan respons positif dari individu yang memiliki perhatian serupa. Ia dengan tulus membuka pintu bagi siapa pun yang ingin berkontribusi.

Dengan keyakinan akan potensi positif dari inisiatifnya ini, Gilang dan Aliansi Pemuda Karya mengundang semua pihak untuk berkontribusi, baik dengan memberikan dukungan finansial maupun donasi buku dan peralatan yang mendukung kegiatan Ruang Literasi. Dukungan dapat diberikan melalui nomor WhatsApp berikut: (0896-7367-7025)

“Inisiatif ‘Ruang Literasi’ merupakan tindakan konkret dalam meningkatkan literasi anak-anak di desa, dan kami berharap agar semakin banyak individu yang dapat berpartisipasi dalam upaya ini,” kata Gilang. ( H. KUMAR & TB Dede.S )

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menginisiasi Program ‘Ruang Literasi’, Pemuda Pedesaan Mengajak Keterlibatan Semua Pihak
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit