Minggu, 14 April 2024
IMG-20240301-WA0011

Kuningan Bergerak, 40 ODGJ Berat termasuk ODGJ Pasung, Segera Dievakuasi Masal untuk Diobati Bersama RSJMM Bogor.

23des

Kuningan, eSKonCer.com, Kamis, 29 Februari 2024. Di penghujung bulan Februari 2024, Kab.Kuningan telah sepakat untuk siap mengulangi kesuksesan kegiatan pelayanan kesehatan jiwa kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Se-Kab.Kuningan di tahun 2018 silam. Dalam kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kuningan di kantornya, yang berlokasi di Jl.Aruji Kartawinatan No 21 Kuningan Jawa Barat 45511, bahwa Kuningan siap menggelar kembali kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Evakuasi Masal 40 ODGJ Berat, Antar Jemput Gratis Se-Kab.Kuningan yang didukung penuh oleh Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Kemenkes RI di Bogor. 

Sekertaris Dinkes Kuningan yaitu, Drs. H. Tedy Noviandi, M.Si., yang didampingi oleh dr.H.Denny Mustafa, sebagai

Kepala Bidang 2., membuka kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa, “Terimakasih kepada semua peserta yang hadir, terutama tim dari RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, yang telah jauh-jauh datang ke kuningan, untuk membantu memfasikitasi penanganan ODGJ di Kab.Kuningan”. 

Kepala Istalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), mewakili Direksi PKJN-RSJMM, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke Kab.Kuningan. Sementara Agha Adhinugraha, sebagai Kepala Seksi di Disdukcapil Kuningan, sangat menyambut baik kegiatan ini, “ODGJ adalan warga yang tergolong kelompok rentan, dan kami siap untuk memfasilitasi data kependudukan mereka melalui perekaman KTP secara door to toor bila dibutuhkan”.

Subkoor P2PTM Dinkes Kuningan yaitu, Mirce Sumirat, S.Kep. MKM, yang didampingi oleh Jeanie Pranita, SKM., sebagai Pengelola Program Keswa dan Napza, memandu jalanya proses diskusi dengan apik dan dinamis. 

Iyep Yudiana, SKM. MKM., dihadapan 15 peserta yang hadir dari dinkes, disdukcapil, dan perwakilan dari 37 puskesmas Se-Kuningan, memaparkan Promosi kesehatan, berupa kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat dengan Antar Jemput Gratis Se-Kuningan bersama PKJN-RSJMM. 

Dalam kegiatan ini disepakati bahwa, dari 2.029 ODGJ yang tercatat di Dinkes Kuningan, ditargetkan 40 ODGJ yang Sangat Berat termasuk 9 ODGJ Pasung diantaranya, akan diprioritaskan untuk diperiksa dan dievaluasi masal dengan antar jemput gratis untuk mendapatkan perawatan, pengobatan dan rehabilitasi secara gratis oleh Kab.Kuningan bersama PKJN-RSJMM.

( Arul )

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kuningan Bergerak, 40 ODGJ Berat termasuk ODGJ Pasung, Segera Dievakuasi Masal untuk Diobati Bersama RSJMM Bogor.
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit