Sabtu, 02 Desember 2023
Kam_12_10_2023_19_43_39

Komandan Kodim 0418/Palembang,meninjau Posko Terpadu Karhutlah di dampingi PJ.Walikota

23des

SUMSEL-eskoncer.com-Pj Wali Kota Palembang Dra H.Ratu Dewa ,M.Si memberikan arahan kepada Tiem Satgas terpadu karhutla,pada saat memimpin apel gabungan yang bertempat di Posko Terpadu Karhutla Sematang Borang,yang berlokasi di kantor Camat Sematang Borang,kota Palembang.

Pj. Wali Kota Palembang,Drs H. Ratu Dewa .Msi yang didampingi Komandan Kodim 0418/Palembang,Kolonel Czi Arief Hidayat,M.Han melakukan peninjauan langsung ke Posko Terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) yang disambut Danramil 418-08/ Sako,Kapten Czi Sarbanu,Camat Sematang Borang Moh.Esman Faridy, M.si,Kapolsek Sako Kompol Sulis Pujiono SH dan Dinas kebakaran kecamatan Sako Bapak Iman, yang selanjutnya menerima paparan yang disampaikan oleh Danramil dan Kapolsek,yang bertempat diruang Posko Terpadu Karhutla,lokasi di Jalan Dharma Bakti Rt 14 Rw 02 Kel Srimulya Kec Sematang Borang,setelah selesai memimpin apel gabungan tersebut.pada Kamis 12/10/2023

Tujuan dari kunjungan kerja tersebut adalah untuk melihat langsung dilapangan bagaimana mikanisme dalam penanganan maupun penanggulangan adanya titik api yang nenimbulkan kehadian karhutla di wilayah Sematang Borang,pada saat ini.

Dalam kunjungannya kerja Pj.Wali Kota Palembang mengungkapkan bahwa terdapat 4 posko pencegahan karhutla yang telah didirikan Baru Di Sematang Borang dimana Posko Terpadu di Sematang Borang ini merupakan sebagai percontohan untuk yang lainnya,sehingga 3 Titik Lainnya Gandus, Kertapati dan Sukarami,bisa melakukan hal yang sama.Dibentuknya Posko Terpadu ini,juga bertujuan untuk mempercepat penangan bila terjadi hal- hal yang urgen baik Karhutla maupun bila musim penghujan nanti terjadi banjir.

Di berbagai titik lokasi strategis, nantinya akan dilengkapi dengan petugas yang siap siaga serta perlengkapan yang memadai guna menghadapi potensi terjadi kebakaran maupun yg lainnya.

“Kita lebih mengutamakan pencegahan dengan membentuk tim patroli setiap hari dengan berkeliling di titik-titik rawan karhutla. Kita juga sambil mengimbau kepada masyarakat jangan sampai ada satu pun terjadi kebakaran lahan di wilayah Kota Palembang,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, memang sudah memasuki musim kemarau sejak tanggal 25 Juli 2023 hingga sekarang belum terjadi hujan. Efek El Nino yang berdampak pada cuaca di Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang berupa musim kemarau dan cuaca panas serta kekeringan. Oleh karenanya kondisi ini perlu dilakukan antisipasi terutama bahaya kebakaran lahan.

“Oleh sebab itu kami dari Pemerintah Kota Palembang dan unsur Forkopimda bersama seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga jangan sampai terjadinya kebakaran lahan, apalagi di wilayah tanah gambut yang berisiko mudah meluasnya kebakaran lahan,” ungkap Drs H. Ratu Dewa.M.Si

“Komandan Kodim disela sela apel gabungan tersebut menyampaikan,diantaranya mengajak kepada tiem agar dalam melaksanakan tugasnya tetap jaga faktor keamanan,kesehatan masing pribadi serta jaga kekompakan.Pada kegiatan apel gabungan tersebut,diikuti sekitar 150 orang yang terdiri dari TNI,Polri,Damkar,Pol PP,Lurah sekecamatan Sematang Borang,Relawan dari Masyarakat dan juga di gelar peralatan Karhutla seperti,kendaraan Damkar,kendaraan modipikasi,pompa air dan kendaraan patroli roda emat serta roda dua.

“Mudah-mudahan dengan adanya Posko Terpadu Karhutla ini,bisa menekan terjadinya karhutla sehingga asap yang ada saat ini bisa teratasi.

Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat .M.Han menuturkan, posko Terpadu Karhutla Sematang Borang di Dharma Bakti Rt 14 Rw 02 Kel Srimulya Kec Sematang Borang Palembang ini merupakan posko untuk monitoring dan untuk melakukan mempercepat langkah tindakan penanggulangan apabila terjadi maupun pencegahan karhutla.

“Apabila ada asap dan api maka petugas yang bertugas di posko-posko tersebut akan bergerak cepat mendatangi lokasi terjadinya kebakaran lahan,” ucapnya. Dandim 0418/Palembang

Kolonel Czi Arief Hidayat M.Han mengatakan, dalam memaksimalkan fungsi posko Terpadu karhutla ini, pihaknya menerjunkan sejumlah petugas dan sukarelawan. Selain itu, posko juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan seperti armada kendaraan yang membawa tangki air dan peralatan lainnya untuk menunjang memadamkan api.

“Keberadaan posko Terpadu karhutla ini akan berlangsung hingga musim Pwnghujan mendatang,” pungkasnya. Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat M.Han

Turut Hadir Dalam Peninjauan Posko Terpadu Karhutla Sematang Borang.
Asiatin 1 Pemerintahan Kota Plg Bapak Sanurpan, Kepala Dinas Kebakaran Kota plg Bapak Deli , Kepala Dinas DLHK Bapak Mustain, Kabidops Pol PP Ibu Charli panggar besi, Danramil 418-08/Sako Kapten Czi Sarbanu, Kapolsek Sako Kompol Sulis Pujiono SH, Camat Sematang Borang Moh.Esman Faridy, M.si
Dan Masyarakat Sadar Api (MSA )M.TAHAN

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komandan Kodim 0418/Palembang,meninjau Posko Terpadu Karhutlah di dampingi PJ.Walikota
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit