Sabtu, 13 April 2024
Foto : Hektaran Sawah yang mengalami kekeringan Extreme.
Foto : Hektaran Sawah yang mengalami kekeringan Extreme.

KEKERINGAN AIR MULAI MELANDA, PETANI WAS WAS KALAU PANEN PADI GAGAL.

23des

Subang,eskoncer.com. 03-09-2023, sebagian wilayah Jawa barat dilanda kekeringan, sudah berapa bulan kedepan belum adanya tanda tanda akan turunnya hujan, salah satunya diwilayah Sagalaherang desa Leles, kabupaten Subang, Jawa Barat. susah air untuk pertanian, salah satunya warga desa Leles Wastini memaparkan bahwa beberapa bulan ini saya maupun petani lainnya mengalami Krisis air.

sehingga kami melakukan cara mengumpulkan air dari hasil mandi dan mencuci, ini sengaja kami lakukan agar sawah padi kami dapat konsumsi air seadanya, kadang per tiga jam kami lakukan penyiraman. Kami mengharap kepada instansi pemerintah terkait masalah air dapat perhatian khusus sehingga dapat membantu solusi dalam menangani hal kekeringan tersebut, dan kami mengharap panen ini nantinya tidak gagal, bila ada penanganan serius atau bantuan dari pemerintahan setempat masalah air untuk pesawahan, ungkap Wastini.

Seluruh Patani yang ada di desa Leles hampir semua melaksanakan giat cek air bila menjelang malam tiba, dengan harapan dapat ada air dari pusat air yang bisa dialirkan ke sawah masing masing, giat malam hari hampir rutin dilaksanakan agar sawah dapat menerima konsumsi air secukupnya dengan harapan hasil panen bisa normal.

Perubahan cuaca iklim yang terjadi saat ini agar kiranya dapat menggunakan air dengan bijaksana, dan semoga pemerintah terkait dapat menindak lanjuti sebelum benar benar terjadi kekeringan yang melanda cukup lama. Semoga ada tindakan atau perhatian dari pemerintah disagalaherang atau kabupaten Subang dalam mengambil antisipasi dalam cuaca sekarang ini.

( H. Kumar )

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KEKERINGAN AIR MULAI MELANDA, PETANI WAS WAS KALAU PANEN PADI GAGAL.
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit