Kamis, 13 Juni 2024
IMG-20240607-WA0009~2

Kasdam IV/Diponegoro Tutup TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo

23des

Sukoharjo, eskoncer.com, (07/06/24) Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara, sekaligus menutup secara resmi TMMD Reguler ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo di desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo dalam Upacara Penutupan dengan tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah” di lapangan desa Wirun, Kec. Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jum’at (07/06/24).

Upacara penutupan TMMD dihadiri Sejumlah Pejabat Militer maupun Pemda Sukoharjo diantaranya Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si beserta jajaran, Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Ali Akhwan,S.E beserta jajaran, Dansatgas TMMD Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E. (Dandim 0726/Sukoharjo), AKBP Sigit, S.I.K., M.H (Kapolres Sukoharjo) beserta jajaran, Bupati Sukoharjo beserta Jajaran Forkompinda Sukoharjo, Forkopimcam Mojolaban, Ibu-ibu Persit KCK Kodim 0726/Skh dan Bhayangkari Polres Sukoharjo, Pemdes Wirun serta warga masyarakat desa Wirun.

Dansatgas TMMD Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E., melaporkan bahwa Pelaksanaan TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo yang dibuka pada tanggal 8 Mei 2024 dan ditutup pada hari ini 07 Juni 2024 ini telah menyelesaikan semua proyek pekerjaan sasaran fisik maupun sasaran non fisik.

Selama 31 hari TMMD Satgas TMMD Reguler ke-120 dibantu warga masyarakat dan seluruh stakeholder terkait berhasil menyelesaikan Sasaran Fisik berupa Pembangunan 2 buah Talud, 2 buah Betonisasi, dan Urug jalan, Rehab 2 Unit RTLH, Rehab 4 Unit MCK, Rehab Masjid dan Rehab Pos Kamling.

Untuk sasaran Non Fisik telah diselesaikan sejumlah Penyuluhan kepada warga masyarakat desa Wirum diantaranya Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara, Penyuluhan Narkoba, Hukum dan Kamtibmas,Penyuluhan KB Kes dan Stunting,Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan sosialisasi Pernikahan dini pada remaja,serta Rekam dan Sosialisasi KTP elektronik.

TMMD juga menyelesaikan sejumlah Program Unggulan Kasad diantaranya melaksanakan Penghijauan, Pembersihan Lingkungan, Pembagian Sembako, Ketahanan Pangan, dan Pembuatan Sumur Dalam sejumlah 5 Unit.

Membacakan amanat dari Panglima Kodam IV/Diponegoro, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si mengajak agar senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, juga mengucapkan terima kasih kepada para Bupati beserta jajaran Forkopimda, pejabat dinas OPD terkait, anggota TNI-Polri dan segenap warga masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI, dengan penuh semangat dan bahu membahu untuk menuntaskan program-program TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo ini.

Dikatakan bahwa Program TMMD yang telah diselenggarakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu Pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan di daerah-daerah terpencil.

Sesuai dengan tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”, yang mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian.

Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-120 di beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Semarang. Selain empat kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh.

Kasdam mengajak untuk tetap menjaga dan memelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Serta berpesan kepada Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang.

Setelah Upacara Penutupan kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan Display Hasil TMMD sebelum dan sesudah dikerjakan oleh Satgas TMMD dan meninjau stan-stan Warung Pethuk yang dipadati oleh para pengunjung.

Selanjutnya Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si beserta rombongan menuju lokasi TMMD Reguler ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo di sasaran Fisik Rabat Beton, dilanjutkan pemotongan rangkaian bunga oleh Kasdam IV/Diponegoro, Danrem 074/Wrt, Bupati Sukoharjo, Dandim 0726/Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo dan Kajari Sukoharjo.

“Jalan yang telah dibangun oleh Satgas TMMD ini sangat bisa menaikkan potensi yang ada di sini, dapat mempercepat transportasi saat panen para petani, termasuk meningkatkan harga tanah karena didukung oleh infrastruktur yang lebih baik, tentunya program TMMD ini akan terus dilanjutkan”, terang Kasdam IV/Diponegoro.

“Harapan kami kedepan para petani tidak akan kekurangan air, meskipun dalam cuaca panas atau musim kemarau setidaknya para petani masih bisa panen 2 kali atau 3 kali dalam sestahun, dengan fasiltas jalan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para petani, sehingga tidak akan susah lagi untuk membawa hasil panennya”, terang Bupati Sukoharjo.

 

(Agus Kemplu)

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kasdam IV/Diponegoro Tutup TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit