Senin, 27 Mei 2024
Sel_17_10_2023_13_56_52

Hari pangan Se-Dunia 16 Oktober,begini penjelasan nya

23des

eskoncer.com- Sejarah peringatan hari pangan sedunia bermula dari konferensi FAO ke 20, bulan Nopember 1976 di Roma yang memutuskan untuk dicetuskannya resolusi No. 179 mengenai World Food Day. Resolusi disepakati oleh 147 negara anggota FAO, termasuk Indonesia, menetapkan bahwa mulai tahun 1981 segenap negara anggota FAO setiap tanggal 16 Oktober memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS).

Tujuan dari peringatan HPS tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan baik ditingkat global, regional maupun nasional. Penyelenggaraan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) merupakan konsekuensi keikutsertaan Indonesia sebagai anggota FAO. Acara diselenggarakan lintas departemen dan sebagai vocal point FAO di Indonesia, Menteri Pertanian menetapkan Departemen Pertanian sebagai departemen utama (leading institution) penyelenggara HPS.

Hari Pangan Sedunia ini bermula dari konferensi FAO ke-20 pada November 1976 di Roma yang memutuskan untuk dicetuskannya Resolusi Nomor 179 mengenai World Food Day tersebut.

Dilansir dari laman Dinas Pangan Sumbar, resolusi tersebut akhirnya disepakati oleh 150 negara anggota FAO, termasuk Indonesia dan menetapkan bahwa mulai tahun 1981 setiap negara anggota memperingati Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober. Dipilihnya tanggal tersebut karena bertepatan dengan tanggal berdirinya FAO.

Kemudian sejak tahun 2014, peringatan ini telah digunakan untuk mempromosikan gagasan memberi makan dunia dan mengurangi kemiskinan di negara tertentu.

Dilansir dari laman Kecamatan Tajinan Malang, tujuan dari adanya peringatan Hari Pangan Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan, baik tingkat global, regional, dan nasional.

Prinsip utama yang dirayakan pada Hari Pangan Sedunia ini adalah peningkatan ketahanan pangan di seluruh dunia, terutama pada saat krisis, sebagaimana dilansir dari laman Days of the year.

Perayaan tahunannya berfungsi sebagai penanda pentingnya organisasi FAO dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebijakan pertanian oleh pemerintah seluruh dunia untuk memastikan tersedianya pangan yang cukup.

Ben/Zun

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari pangan Se-Dunia 16 Oktober,begini penjelasan nya
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit