Senin, 27 Mei 2024
Foto : M.Barzah petani padi yang sudah 2 bulan kering sawahnya.
Foto : M.Barzah petani padi yang sudah 2 bulan kering sawahnya.

Efek domino dari El Nino kekeringan sawah puluhan hektar

23des

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat perkotaan untuk tidak boros dalam memakai air. Sebab El Nino yang terjadi saat ini diperkirakan masih berlangsung hingga November mendatang. Di kampung tipar , Desa Babakan Caringin, kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terkena dampak kekeringan sawah dan membuat petani bingung

Ratusan hektare sawah tadah hujan di kabupaten Cianjur mengalami kerusakan ringan hingga berat akibat kekurangan air. namun secara keseluruhan produksi tanaman padi daerah ini masih surplus dan mampu memenuhi kebutuhan hingga hingga beberapa bulan mendatang.

“Sudah tidak ada hujan lagi, sehingga tanaman hektaran sawah mengalami kekeringan” kata Muhammad Barzah (48), petani di Kampung Tipar, Desa Babakan Caringin,Kecamatan Karang tengah,Kabupaten Cianjur Jawa Barat Sabtu (19/8/2023)

Petani di dua kecamatan di Kabupaten Cianjur merasakan secara langsung dampak kemarau panjang ini. Tanaman padi yang baru beberapa pekan ditanam mengalami kerusakan akibat kekeringan hingga mati.

Senada Muhammad Barzah , mengatakan pada saat penggarapan sawah masih ada turun hujan. Namun setelah penanaman hujan tidak turun hingga sekarang, sehingga banyak tanaman padi yang baru mau tumbuh mati hingga membuat petani pasrah.

“Ia menjelaskan kekeringan ini hampir 2 bulan dan juga saat ini, mengalami kekeringan panjang “ya dampak El Nino jadi tidak bisa ditanami”ucapnya

Harapannya sebagai petani “ya mungkin Dapat bantuan apa mesin sedot air.

Curahan hati Muhammad Barzah pun mencuat tentang perihal harga price list pupuk yang dia keluhkan
Untuk pupuknya mahal, susah belinya naik sampai RP 460.000 ribu rupiah perkintal jenis poska dan orea waktu dulu waktu tanam padi harga pupuk cuma 240 perkintal , sekarang kalau beli ada yang dikasih ada nggak

Petani sekarang ini Menanam jagung” Ya memaksakan gitulah pupuknya Mahal obatnya, di tambah lagi para petani mengalami kekeringan “pungkasnya.

Inilah potret fenomena yang ada di alami para petani.

Ben/ijun

23des

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Efek domino dari El Nino kekeringan sawah puluhan hektar
- oleh Admin dibaca dalam: 5 menit